Pengumpulan Makalah OPSI jalur Non Proposal diundur sampai dengan tanggal 5 September 2014 | Bagi Peserta yang lolos di Jalur Proposal OPSI 2014 agar segera melakukan penelitian dan menyelesaik |
 

Gelar Poster dan Pameran Hasil Penelitian OPSI 2012

Setelah melalui tahap pemasangan poster, kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa (OPSI) 2012 pun dilanjutkan dengan kegiatan gelar poster dan pameran hasil penelitian. Pembukaan pameran poster diawali dengan kunjungan oleh Mendikbud.
Meski mengaku malam sebelumnya sudah datang dan berkeliling mengecek langsung persiapan pameran, Mendikbud langsung menyempatkan diri berkunjung setelah membuka OPSI 2012. Seakan tak kehabisan energi demi kecintaan dan upaya promosi bagi kegiatan anak didik, beliau memeriksa seluruh stand tanpa kecuali. Dalam pidato tanpa teks yang diucapkannya dikatakan oleh beliau OPSI tidak populer bagi masyarakat umum karena jarang diliput media.  “Saya kira suatu saat ada peraih nobel dari Indonesia.”
Mendikbud yang didampingi wamendikbud Musliar Kasim, Dirjen Dikmen Hamid Muhammad Ph.D dan para pejabat esselon I dan II memberikan perhatian dengan mengajukan pertanyaan detail pada seluruh peserta. Membuat peneliti muda yang ditanya merasa bangga akan hasil karyanya. Selain menerima brosur, tak lupa mendikbud membubuhkan tanda tangannya di beberapa stand.

Di stand milik Rengga Pamungkas, SMAN 4 Takengon, kepedulian Mendikbud terhadap para siswa makin terlihat dengan menerima pengalungan suvenir berupa syal khas Aceh berwarna hitam. Di stand Akamarina Anwar SMAN Modal Bangso Aceh, suvenir makin lengkap dengan dipersersembahkannya Kopiah bordir khas Aceh.

Disela-sela mendampingi Kem­dikbud mengunjungi stan peserta OPSI 2012, Direktur Pembinaan SMA Totok Suprayitno Ph.D mengatakan, ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ke depannya akan semakin dikembangkan ke ajang internasional. Melihat semakin tingginya minat para pelajar SMA terhadap dunia penelitian, Totok mengatakan pihaknya akan memberikan perhatian lebih berupa apresiasi khusus kepada para siswa yang berprestasi di ajang OPSI. Bahkan, pada tahun 2012 ini, 3 siswa SMA terbaik ‘jebolan’ OPSI akan bertarung pada event bergengsi bertaraf internasional di Brazil bernama Mostratec. Selain Mostratec, Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga sedang mencari ajang internasional lain yang juga bergengsi. “Insya Allah, para siswa itu akan memiliki peluang lebih banyak lagi pada event internasional. Karena saat ini, kami sedang mencari ajang internasional lain yang bergengsi selain Mostratek,” jelasnya.

Gallery


Polling

    Apa Browser Favorit Anda?
    Internet Explorer
    Mozilla Firefox
    Google Chrome
    Opera


Statistik Pengunjung

Pengunjung hari ini : 26
Total pengunjung : 58534

Hits hari ini : 34
Total Hits : 229673

Pengunjung Online: 1


Banner