Penerimaan Proposal Penelitian diundur sampai dengan tanggal 25 April | Bagi Peserta yang lolos di Jalur Proposal OPSI 2014 agar segera melakukan penelitian dan menyelesaik |
 

24 Negara Berkompetisi di ISPrO 2013

Ajang kompetisi hasil karya penelitian siswa menengah tingkat internasional (ISPrO-International Science Project Olympiad) akan berlangsung pada tanggal 19 sampai dengan 24 Mei di Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan inisiatif pemerintah Indonesia untuk mengadakan kompetisi penelitian di kalangan siswa menengah internasional. Pelaksanaan kompetisi ini merupakan kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan PASIAD Indonesia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan usia muda serta meningkatkan kesadaran siswa akan aksi global dalam menyuarakan perlindungan terhadap planet bumi, pemanfaatan daya alam yang berkelanjutan serta gaya hidup yang ramah lingkungan.

Meskipun Ajang kompetisi internasional ini baru pertama kalinya diadakan, namun direspon sangat antusias oleh 24 negara peserta diantaranya adalah Afghanistan, Albania, Azerbaijan, Bangladesh, Belarus, Bosnia and Herzegovina, Cambodia, Germany, Kazakstan, Kyrgystan, Moldova, Myanmar, Pakistan, Philippines, Turkey, Lithuania, Macedonia, Madagascar, Malaysia, Nepal, Tajikistan, Turkmenistan dan Thailand serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Peserta yang akan mengikuti kompetisi ini sebanyak  270 orang terdiri dari 90 tim proyek. Bidang penelitian yang akan dikompetisikan fokus pada sains terapan lingkungan bidang Biologi, Kimia dan Fisika. Peserta yang akan mewakili Indonesia sebagai Tim Indonesia dalam ISPrO terseleksi melalui Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan Indonesian Science Project Olympiad (ISPO).

Acara ini secara resmi akan dibuka pada tanggal 20 Mei 2013 di Gedung Teater Kautaman Pewayangan Taman Mini Indonesia Indah pada pukul 15.30 wib. Selanjutnya peserta akan berkompetisi dalam exhibisi penelitiannya pada tanggal 21 – 22 Mei di Gedung Balairung Universitas Indonesia. Pada tanggal 23 Mei peserta akan menikmati program Field Trip ke Taman Safari di Puncak Bogor. Pengumuman pemenang dan penganugerahan medali akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2013 di Plaza Insan Berprestasi Gedung A, Kemdikbud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan menghadiri acara penutupan sekaligus menutup secara resmi 1st ISPrO 2013.

ISPrO akan dilaksanakan setiap tahun di Indonesia. Namun sangat terbuka jika negara lain ingin menjadi tuan rumah     ISPrO di tahun yang akan datang.   Informasi lebih lanjut dapat diakses di www.ispro.or.id    (ical)

Gallery


Polling

    Apa Browser Favorit Anda?
    Internet Explorer
    Mozilla Firefox
    Google Chrome
    Opera


Statistik Pengunjung

Pengunjung hari ini : 65
Total pengunjung : 48015

Hits hari ini : 173
Total Hits : 195669

Pengunjung Online: 2


Banner